Selasa, 01 Mei 2018

Taekwondo dan Rencanaku


Hai.. 

Hari ini, aku mau cerita tentang kegiatan taekwondo yang aku ikuti.

Jadi, dulu kelas 2 SD aku ikut taekwondo, tapi sekitar kelas 4 SD aku berhenti karena kesibukan di sekolah. Terus, tahun lalu saat awal masuk SMP semua murid dikasih kertas yang isinya ekskul yang ingin diikuti, kebetulan ada ekskul taekwondo, jadi aku berpikir untuk melanjutkan taekwondoku yang sempat berhenti.

Dan setelah beberapa tahun ga ikut taekwondo, ternyata ikut taekwondo di sekolah gak kalah seru sama ikut taekwondo di luar sekolah, seperti saat SD dulu. 

Aku ikut taekwondo selain untuk olahraga juga untuk senang-senang, di taekwondo gak cuma belajar gerakan-gerakan basic, tapi kita juga belajar kumpulan gerakan sekitar 18 gerakan kurang lebihnya dan itu harus dihafal, namanya taeguk, sekarang aku sudah sampai taeguk 3 loh!

Dulu, awalnya aku sangat gak tertarik sama taekwondo,  tapi mama nyuruh ikut taekwondo untuk ngisi kegiatan dan untuk olahraga, jadi ya udah aku ikut aja. 

Aku waktu masih SD. Aku ikut ekskul taekwondo, abangku ikut ekskul bola.

Dan ternyata taekwondo sama sekali gak buruk! Malah seru banget, jadi aku rajin ikut taekwondo. Setelah kelas 2 akhirnya aku kelas 3 SD dan kelas 3 waktu pulang sekolah udah berubah jadi jam 2 siang, jadi kadang agak kepepet kalau ikut taekwondo yang jadwal hari Rabu, karena hari Rabu kami latihan jam 4 sore, sedangkan waktu dari rumah ke tempat latihan bisa makan waktu 1 jam atau lebih.

Akhirnya sejak kelas 3 SD aku latihan cuma di hari Minggu pagi. Tapi sampai aku menjelang UKK kelas 3 aku udah jarang latihan dan akhirnya gak latihan terus, dan saat masuk lagi aku udah kelas 4, dan banyak gerakan-gerakan lama yang aku lupa, dan gerakan baru yang aku gak tau, jadi gak bertahan lama di kelas 4 SD.

Akhirnya aku mutusin untuk berhenti, karena kelas 4 SD juga udah lebih sibuk dari kelas 2 dan 3 SD.

Sekarang, setelah SMP, aku udah sabuk hijau strip biru nih, beberapa minggu lagi bakal naik jadi sabuk biru, yeay! Nah, untuk naik sabuk tentu gak mudah. Kita harus hafal semua gerakan yang udah pernah diajarin sabeum atau pelatih taekwondo, lalu kita juga harus hafal gerakan taeguk. 

Gerakannya sekitar ada 18 gerakan, lalu ada lagi gerakan basic, gerakan basic isinya tuh hampir semua gerakan yang udah diajarin sabeum, lalu diulang-ulang aja, gak semua club taekwondo ada yang kyk gini sih menurutku. 

Dan untuk hafalin semua itu, bener-bener gak mudah loh, terutama untuk sabuk kuning strip ke atas, karena bagi yang udah sabuk kuning ke atas, kita gak cuma hafalin taeguk 1, karena setiap naik sabuk kita bakal dapet taeguk baru, dan yang pasti gerakannya baru. 

Waktu ikut, saat aku kenaikan sabuk, dari sabuk hijau ke sabuk hijau strip biru, waktunya itu pas banget setelas PTS, jadi semua gerakan yang udah kuhafal aku lupain gitu aja setelah ulangan, krn yang aku inget jadinya pelajaran-pelajaran yang aku pelajarin untuk ulangan. 

Aku terharu di pertandingan pertamaku.

Saat ujian kenaikan tingkat mulai, lalu di tes taeguk 1 aku lega, karena ternyata aku hafal, selanjutnya kita di tes taeguk 2 dan aku bener-bener lupa sama gerakannya, dan saat nilainya ditulis, ternyata nilaiku 70 semua. Untung aja aku masih lulus. Ya tapi untuk seneng pasti susah dulu kan? Jadi aku sama sekali gak terbebani sama taekwondo, krn emang tetep banyakan senengnya.

Sekarang aku kelas 7, atau 1 SMP, ya tapi nanti saat masuk sekolah lagi aku udah jadi anak kelas 8 sih.. Nah, dikelas 7 ini aku udah berhasil naik sampai sabuk hijau strip biru. Dan rencananya aku bakal selalu ikut kenaikan tingkat biar nanti sekitar kelas 9 akhir atau awal kelas 10 aku udah dapat sabuk hitam. Nah selain itu, setiap ada kejuaraan aku mau usahain ikut banyak-banyak, biar nanti bisa masuk SMA pakai jalur prestasi, lumayan banget loh!

Oh iya, bagi yang mau ngisi kegiatan dengan bela diri, aku rekomendasiin bgt nih milih taekwondo. Dan bagi yang masih SMP kayak aku, aku juga rekomendasiin bgt, karena nanti kalo ikut taekwondo terus ikut kejuaraan, terus dapet medali, satu medali tuh ada poinnya, untuk poinnya aku masih kurang tau, tapi itu bakal nambahin nilai nem yang kita dapat. 

Ayo coba ikut taekwondo!

***********

Tidak ada komentar:

Posting Komentar